Postingan

Menampilkan postingan dari September 20, 2009
loading...
loading...

Menuntut pembatalan jual beli secara sepihak ....

Gambar
Asswrwb Pak Wahyu Kuncoro.
Dalam kesempatan ini di awali dulu untuk mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan dan khilaf yang saya lakukan kepada Bapak dan barangkali dengan keluarga juga.
Saya berdoa untuk Bapak : " Taqobballaloohu minna wamingkum " dan selamat berhari raya idul fitri 1430 H - semoga semua amal ibadah kita selama bulan suci romadhon yang lalu diterima disisi Alloh dan dibungkus dengan rohmatnya Alloh dengan penuh barokah.
Pak Wahyu, Adapun yang saya ingin konsultasikan adalah bagaimana sikap saya terhadap kasus menjual sebuah rumah dengan diawali si Pembeli memberikan surat pernyataan terlebih dahulu diatas materai 6000 ribu rupiah dan di tandatangani oleh masing2 pihak dan saksi-saksi.
Singkat ceritanya begini, Bapak :
Saya merencanakan menjual sebuah rumah bangunan permanent 2 (dua) lantai di Bandung kepada calon pembeli dan sudah terjadi kecocokan harga dan tata cara pembayarannya. Secara tiba-tiba tanpa dilakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada say…

Kesulitan Dalam Balik Nama Sertifikat Rumah Karena Ada Status Sita Jaminan

Gambar
Pak Wahyu yang terhormat terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk bertanya.
Saya membeli sebuah rumah melalui lelang yang dilakukan oleh Badan lelang negara melalui pengadilan. Saya mengalami kesulitan ketika hendak membalik nama sertifikat tanah tersebut. Pihak BPN menyatakan bahwa tanah tersebut masih dalam status sita jaminan. ketika saya membaca risalah lelang yang diberikan disana tercantum bahwa tanah tersebut sedang dalam status sita persamaan dan sita penyesuaian.
Dari informasi yang saya kumpulkan ternyata permohonan sita pernah diajukan oleh pengacara dari pemilik rumah terdahulu karena mereka sedang memiliki hutang terhadap perorangan. Oleh pihak BPN saya disarankan mengajukan permohonan pencabutan sita jaminan ke pengadilan.
Pertanyaan saya adalah :
1. Apa yang dimaksud dengan sita persamaan dan sita penyesuaian?
2. Apakah saya bisa mengajukan pencabutan sita karena bukan saya dulu yang mengajukan Permohonan sita terhadap tanah tersebut?
3. Apakah saya bisa men…