Foto Saya
Konsultasikan masalah hukum Anda dengan menghubungi NM. Wahyu Kuncoro, SH di WAHYUMITRA Advocate Office, Jl. Mandar Utama DC XI/ 19 Sektor 3A Perumahan Bintaro Jaya - Tangerang Selatan. 

Tlp : 021 - 7357778
Hp : 0811 820 71 96

TIDAK MELAYANI KONSULTASI HUKUM MELALUI SMS

Bea Materai atas lembar tagihan kartu kredit, kewajiban siapa ?

Posted by

Dengan hormat,
Pada setiap lembaran pemberitahuan tagihan dari kartu kredit terdapat biaya materai sesuai dengan undang undang jumlah nominalnya. Yang jadi pertanyaan menjadi tanggung siapakah beban biaya materai tersebut ? apakah pihak bank atau nasabah ?

Menurut saya sesuai dengan surat edaran dirjen pajak No.,13/PJ.5/2001, adalah tanggung jawab pihak bank. Untuk lebih meyakinkan saya mohon kiranya saya diberikan advis atau referensi yang lebih menguatkan pendapat saya tersebut. Ini akan sangat bermanfaat bagi semua nasabah kartu kredit di negara kita ini, terima kasih.

Hormat saya
Dn

Jawab : 

Terima kasih telah menghubungi saya,

Dalam butir 1.3 Surat Edaran Dirjen Pajak No. SE-13/PJ.5/2001 memang disebutkan bahwasanya dokumen berbentuk surat yang berisi pengakuan bahwa hutang uang seluruhnya atau sebagainya telah dilunasi atau diperhitungkan seperti Billing Statement dari kartu kredit wajib dikenakan bea materai. Kepada siapa beban bea materai tersebut dibebankan ? 

Pasal 6 UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 1985 tentang BEA METERAI menyatakan, Bea Meterai terhutang oleh pihak yang menerima atau pihak yang mendapat manfaat dari dokumen, kecuali pihak atau pihak-pihak yang bersangkutan menentukan lain. Artinya, karena yang menerima tagihan kartu kredit adalah nasabah yang sekaligus merupakan pihak yang mendapat manfaat jasa kredit dari pihak bank, maka jelas, sesuai ketentuannya bea materai tersebut dibebankan kepada nasabah. Dalam hal billing stament yang diterbitkannya, bank hanya melakukan pembubuhan tanda Bea Meterai Lunas sesuai dengan ketentuan Surat Edaran yang anda maksud. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10.25.00

0 Tanggapan:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan/ komentar sesuai dengan postingan. Bukan pertanyaan atau yang bersifat konsultasi. Jika Ingin berkonsultasi, baca ketentuan yang ditetapkan

Syarat dan Ketentuan

Blog layanan konsultasi hukum gratis ini dibuat dan dikelola oleh NM. Wahyu Kuncoro, SH sebagai dedikasi pelayanan hukum seorang Advokat kepada Masyarakat yang membutuhkan jasa konsultasi hukum.

Syarat dan Ketentuan Layanan :

1) Uraikan permasalahan hukum Anda dan kirimkan ke email advokatku.on(at)gmail.com.

2) 1 akun email hanya 1 X Konsultasi Hukum. Jika ingin konsultasi berlanjut, silahkan disampaikan dalam email selanjutnya.


3) Konsultasi hukum melalui telepon hanya berlaku bagi pembeli buku yang ditulis NM. WAHYU KUNCORO, SH dengan menghubungi nomor telepon yang tercantum dalam buku. Tidak melayani SMS atau media messenger lainnya.


4) Dengan konsultasi melalui email, Anda dianggap setuju atas publikasi permasalahan hukum yang disampaikan dan selanjutnya membebaskan pengelola blog/web dari segala tuntutan/ gugatan atas pencantuman URL akun email Anda.


5) Materi pertanyaan/ yang dikonsultasikan TIDAK TERKAIT MATERI PERSIDANGAN, kepentingan perkuliahan, tugas akademik dan atau kepentingan pendidikan.


6) Jawaban/ Opini yang termuat, tidak dapat dijadikan acuan hukum dan tidak menunjukkan hubungan hukum advokat dengan kliennya.


7) Segala bentuk konsultasi Hukum yang termuat dalam blog ini, akan termuat dalam beberapa situs yang teraffliansi, tanpa pemberitahuan atau seijin yang bersangkutan.


Dengan memenuhi syarat dan ketentuan di atas, berarti Anda telah menghargai diri sendiri dan orang lain.