Foto Saya
Konsultasikan masalah hukum Anda dengan menghubungi NM. Wahyu Kuncoro, SH di WAHYUMITRA Advocate Office, Jl. Mandar Utama DC XI/ 19 Sektor 3A Perumahan Bintaro Jaya - Tangerang Selatan. 

Tlp : 021 - 7357778
Hp : 0811 820 71 96

TIDAK MELAYANI KONSULTASI HUKUM MELALUI SMS

Bagaimana cara menagih hutang

Posted by


Kepada Yth:Bpk. Wahyu Kuncoro


Salam sejahtera,


Mohon petunjuk dari Bapak Wahyu,


Pada pertengahan tahun 2006 saya meminjamkan uang kepada teman saya ( tanpa bunga ) karena niat saya untuk membantu, dimana teman saya tersebut berjanji membayar dengan tempo 1 bulan. Tapi ternyata setelah 1 tahun 6 bulan, teman saya belum juga membayar.


Teman saya memberi saya 4 buah giro, tetapi ternyata rekening atas nama dia sudah ditutup. Niat teman saya memang kurang bagus mengingat dia masih memiliki 2 rumah mewah dan 2 mobil. Sedangkan hutang kepada saya hanya 100 jt.


Pertanyaan.


1. Bagaimana dengan giro yg sudah saya pegang, apakah bisa gunakan sebagai bukti ? termasuk perkara pidana / perdata. ?


2. Apakah aman menggunakan jasa debt collector..?


3. Bila masalah dibawa kepengadilan, mungkinkah saya dibayar dengan cara dicicil dengan jumlah cicilan yg kecil sekali tiap bulannya..? ( biarpun dia masih punya banyak aset. )


4. Saya sebenarnya enggan melapor ke pihak yg berwajib, mengingat banyak oknum2 yg kemungkinan pada akhirnya malah merugikan saya ?


5. Langkah apa yg sebaiknya saya lakukan ? Bila sampai ke pengadilan berapa persen kemungkinan saya menang / dibayar ?


JAWAB :


Jika anda ingin menggunakan jalur hukum sebagai penyelesaiannya maka giro yang anda pegang tersebut dapat dijadikan bukti. Jika penyelesaian pidana yang ingin ditempuh maka anda dapat mendalilkan bahwa teman anda tersebut telah melakukan penipuan dan atau penyelesaiannya melalui jalur perdata dengan mendalilkan wanprestasi dan atau perbuatan melawan hukum.


Aman tidak amannya tergantung pada kinerja yang ditunjukkan debt collector tersebut. Jika debt collector tersebut menggunakan kekerasan dan atau melakukan tindakan-tindakan yang dianggap melawan hukum maka anda sebagai pihak yang memerintahkan/ menggunakan jasa debt collector dapat dianggap harus bertanggung jawab atas tindakan debt collector tersebut.


Ada kemungkinan hal tersebut terjadi tapi tentunya hakim memiliki pertimbangan tersendiri mengapa ia mengambil putusan tersebut.


Kalau seperti itu sebaiknya anda langsung saja melaporkannya ke pihak yang berwajib. Ini guna meneguhkan hak-hak anda yang seharusnya dinikmati anda.


Sebaiknya anda membuat laporan kepihak berwajib atau anda dapat menggunakan jasa advokat guna menyelesaikan masalah anda tersebut. Mengenai berapa persen kemenangan anda di pengadilan tentunya tergantung pada dalil dan pembuktian yang anda miliki. Jika dalil dan bukti yang anda ajukan sangat kuat tentunya kemenangan mutlak ada ditangan anda.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 05.51.00

1 Tanggapan:

Poskan Komentar

Berikan tanggapan/ komentar sesuai dengan postingan. Bukan pertanyaan atau yang bersifat konsultasi. Jika Ingin berkonsultasi, baca ketentuan yang ditetapkan

Syarat dan Ketentuan

Blog layanan konsultasi hukum gratis ini dibuat dan dikelola oleh NM. Wahyu Kuncoro, SH sebagai dedikasi pelayanan hukum seorang Advokat kepada Masyarakat yang membutuhkan jasa konsultasi hukum.

Syarat dan Ketentuan Layanan :

1) Uraikan permasalahan hukum Anda dan kirimkan ke email advokatku.on(at)gmail.com.

2) 1 akun email hanya 1 X Konsultasi Hukum. Jika ingin konsultasi berlanjut, silahkan disampaikan dalam email selanjutnya.


3) Konsultasi hukum melalui telepon hanya berlaku bagi pembeli buku yang ditulis NM. WAHYU KUNCORO, SH dengan menghubungi nomor telepon yang tercantum dalam buku. Tidak melayani SMS atau media messenger lainnya.


4) Dengan konsultasi melalui email, Anda dianggap setuju atas publikasi permasalahan hukum yang disampaikan dan selanjutnya membebaskan pengelola blog/web dari segala tuntutan/ gugatan atas pencantuman URL akun email Anda.


5) Materi pertanyaan/ yang dikonsultasikan TIDAK TERKAIT MATERI PERSIDANGAN, kepentingan perkuliahan, tugas akademik dan atau kepentingan pendidikan.


6) Jawaban/ Opini yang termuat, tidak dapat dijadikan acuan hukum dan tidak menunjukkan hubungan hukum advokat dengan kliennya.


7) Segala bentuk konsultasi Hukum yang termuat dalam blog ini, akan termuat dalam beberapa situs yang teraffliansi, tanpa pemberitahuan atau seijin yang bersangkutan.


Dengan memenuhi syarat dan ketentuan di atas, berarti Anda telah menghargai diri sendiri dan orang lain.