loading...
Bp. Wahyu, saya ingin berkonsultasi mengenai mslh saya. Mohon petunjuk dan bantuannya.

Saya punya 3 org anak yg terdiri dr 2 anak laki2 berumur 9th dan 4th serta 1 anak perempuan berumur 6th.
Saya sedang ajukan gugatan cerai thdp istri sy krn sdh tdk ada kecocokan lg dlm segi apapun. Dia (istri) tdk ingin bercerai. Tp sy sudah cape menghadapi sikapnya. Dia tdk pernah menghargai sy sbg suami dan kami sdh tdk berhub intim sejak Juni 2006 sp skrg ini. Tp sy msh tggal 1 rmh dg dia dan anak2 kami.
Saya ingin bercerai dg dia, tp sy ingin hak asuh anak pertama (lk) dan kedua (pr) jatuh pd saya. Kami berdua sama2 bekerja dan agama kami islam. Pertanyaan saya :
1. Apakah saya pny peluang utk mengambil hak asuh anak sy yg pertama dan kedua?? Mengingat kedua anak saya itu lebih dekat dan nurut pada saya. Ibunya tidak bs membimbing dengan baik terutama dalam belajar. Ibunya jg pernah melakukan percobaan bunuh diri dengan minum baygon dan pernah blg ke saya via sms,bahwa dia jg akan membunuh anak2.
2. Saya jg mendapatkan ancaman akan di bunuh oleh pihak keluarga dia. Dalam gugatan cerai sy jg di cantumkan permohonan hak asuh pada saya. Sebaiknya,apa yg hrs sy lakukan shg saya bisa mdptkn hak asuh anak2 saya tsb. Bgmn sebaiknya sy jelaskan pd anak2 ttg percaraian ini??
3. Dgn kasus sy spt ini, kira2 brp lama wkt yg di butuhkan sp selesai?? Gugatan saya skrg dah masuk pada sidang nasehat perkawinan yg ke-3.
4. Mohon bantuannya segera.
Terima Kasih banyak.
Jawab :
Utuk pengalihan hak asuh anak, bapak sebagai orangtuanya tentunya memiliki peluang untuk mengambil hak asuh anak. Memang secara hukum hak asuh terhadap anak dibawah umur jatuh kepada Ibunya namun jika Ibunya memiliki kelakuan buruk tentunya akan menjadi bahan pertimbangan hakim dalam putusannya nanti.
Yang harus anda lakukan adalah mempertahankan anak-anak untuk tetap dalam pengawasan dan tetap tinggal dalam 1 (satu) atap dengan anda. Penyampaian tentang perceraian kepada anak dibawah umur memang sangatlah sulit. Coba anda sampaikan dalam bentuk penyampaian yang sederhana dengan pola bermain.
Waktu yang dibutuhkan dalam persidangan tentatif memakan waktu 2 - 3 bulan namun demikian tergantung pula dari aktif atau tidaknya para pihak (penggugat - tergugat).

Komentar

Postingan Populer