Postingan

Menampilkan postingan dari Februari 23, 2014
loading...
loading...
042770f43c82904f32eeeae4020c3d9d7fea6d21266e668ca6

Jual beli rumah tanpa balik nama

Gambar
Dear Pak Wahyu Kuncoro,
Mohon konsultasinya, saya mau beli rumah second yang hendak dibeli terletak di Petojo, Jakarta Pusat. 
Saat melakukan PPJB dengan penjual tahun 2013 pajak jual beli ditanggung 100% oleh pembeli,  sekitar 6 bulan kemudian selesai direnovasi oleh penjual tahun 2014, karena NJOP naik sangat tinggi didaerah gambir(Petojo) maka dana untuk membayar pajak jual beli tidak cukup.
Bisakan / valid-kah membuat AJB tanpa balik nama dan tidak membayar pajak jual beli dahulu. Setelah dana cukup barulah dilakukan balik nama dan membayar pajak jual belinya ?
Am

JAWAB : 
Terima kasih telah menghubungi saya ....
Pada prinsipnya dalam jual beli properti berlaku 2 (dua) ketentuan hukum perdata yang mengaturnya yakni, hukum jual beli dan hukum peralihan hak kepemilikan.
Pasal 1457 KUHPerdata menyatakan, "Jual beli adalah suatu persetujuan dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk menyerahkan suatu barang, dan pihak yang lain untuk membayar harga yang dijanjikan"…

Beli tanah objek tanggungan dengan status novasi

Gambar
Pak Wahyu ,Yth.
Saya menemukan banyak kavling tanah kosong dijual di komplek Perumahan PBC yang terlihat sudah lama tidak terurus, dan saya bermaksud untuk membeli salah satu kavlingnya.
Dari penjual yang memperkenalkan dirinya sebagai marketing bank, saya tidak> mendapatkan penjelasan seperti lazimnya jual beli yang saya ketahui. Lalu saya memutuskan untuk menggali sendiri informasi asal usul tanah tersebut dan melakukan kros-cek ke berbagai pihak yang terkait untuk memastikan tidak terjadi hal-hal yang merugikan dikemudian hari jika saya membeli tanah ini.
Setelah memakan waktu yang cukup lama, barulah saya mengetahui bahwa sertifikat tanah di komplek Perumahan PBC yang ingin saya beli tersebut ternyata atas nama Ny. MS yang saat ini masih dalam penguasaan sebuah bank negara sejak tahun 2008 sebagai agunan dari PT. IUS yang kreditnya akhirnya macet. Karena hal tersebut kemudian pihak menunjuk PT. KSM untuk melakukan apa yang disebutnya sebagai "novasi" dengan menjual a…