Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus 18, 2013
loading...
loading...
042770f43c82904f32eeeae4020c3d9d7fea6d21266e668ca6

Hibah, Ahli waris dan Bagian Mutlak Ahli waris

Gambar
Salam kenal.
Saya mau bertanya pak, saya seorang duda yang sudah cukup berumur dan tidak memiliki keturunan. Dan saya ingin menghibahkan sebuah rumah milik saya ketika saya meninggal untuk keponakan saya yang yatim piatu yang sudah saya rawat sejak kecil. Langkah apa yang harus saya lakukan ya pak?
Dan berhubung saya memiliki 6 saudara kandung, apakah jika saya tidak membuat surat wasiat dan saya meninggal dunia, harta saya akan jatuh pada saudara kandung saya?
Terima kasih.
D1
JAWAB : 
Terima kasih telah menghubungi saya ... 
Pasal 1676 KUHPerdata : "Semua orang boleh memberikan dan menerima hibah kecuali mereka yang oleh undang-undang dinyatakan tidak mampu untuk itu".
Berdasarkan ketentuan Pasal KUHPerdata di atas, Anda dapat menghibahkan rumah dan atau harta benda milik Anda kepada siapa saja, termasuk kepada keponakan yang dirawat sejak kecil oleh Anda. 
Namun demikian, meskipun diperbolehkan, jumlah harta yang dihibahkan tidak melebihi ketentuan legitieme portie (bagian …

Developer membatalkan sepihak jual-beli rumah

Gambar
Dengan Hormat,
Saya membeli rumah dari pihak developer sekitar bulan Oktober 2012 yang lalu. Pada awal perjanjian ketentuannya adalah pembayaran DP rumah dapat dicicil 6x. Saat ini kondisinya saya sudah melunasi pembayaran DP rumah tersebut dan telah ada beberapa bank yg telah menyetujui KPR yg saya ajukan. Pada awal bulan Juli 2013 kemarin pun rumah tersebut telah jadi. Namun ada beberapa kondisi yg saya anggap masih belum layak (spt kondisi rumah yang masih bocor disana sini kemudian pengerjaan rumah yg sangat tidak rapi).
Jadi saat itu saya pending proses KPR saya hingga comment2 saya untuk rumah tersebut diperbaiki oleh pihak developer (dari awal sebelum rumah jadi sy sudah menekankan pada pihak developer bahwa saya minta pengerjaan rumah tersebut rapi). Singkat cerita, beberapa kali saya harus bolak balik (sekitar 3 kali) review rumah tersebut, hingga pada akhirnya pihak developer melepon saya kembali dan mengatakan bahwa kondisi rumah sudah baik semuanya dan meminta saya untuk …