Postingan

Menampilkan postingan dari November 18, 2012
loading...
loading...
042770f43c82904f32eeeae4020c3d9d7fea6d21266e668ca6

Pencemaran nama baik bukan nih ?

Gambar
Permisi, sy Stef dari Malang.
Saya mau bertanya apakah kalimat dibawah ini dapat dikenakan pasal pencemaran nama baik? Dan jika tidak dilakukan penyebaran, apakah bisa juga dijerat pencemaran nama baik?
Kalimatnya adalah : "walaupun sy mengakui kehebatan dokter rendy lie, tetapi saya tidak merasakan efek apa-apa"

Saya sedang mengalami masalah dari seseorang yang sebenarnya memeras saya, tetapi awalnya saya terpaksa menuruti permintaan karena saya takut akan dicelakakan. Tetapi setelah saya sudah tidak tahan memendam ini, saya memberanikan diri untuk meminta uang itu kembali karena saya tidak merasakan perubahan apapun. Dan saya sempat menuliskan kata-kata itu, saya sekarang menjadi sangat khawatir krn org tersebut bilang mau menuntut saya dh tuduhan pencemaran nama baik, saya menyesal dalam komplain saya tsb saya menyebut nama. Mohon bantuannya. Terima kasih.
JAWAB : 
Dalam ranah hukum, yang dikatakan sebagai pencemaran nama baik adalah "menuduh seseorang telah melakukan pe…

Penadah bukan nih, pak ?

Gambar
Pak wahyu yang terhormat saya mau konsultasi masalah hukum.
Bapak saya adalah seorang bandar emas. 2 hari yang lalu ada yang jual emas namanya ikin. Ikin adalah seorang pedagang emas yang kebetulan sering jual ke bapak saya. Emas seberat 11 gr dan dihargai sebesar
Rp. 385.000 sesuai dengan harga pasaran emas saat itu. Ikin dapat emas dari orang lain kita sebut namanya A.
Tadi pagi polisi datang dan langsung menangkap bapak saya dengan tuduhan penadah, jadi katanya barang yang dijual oleh si A ke ikin dan kemudian dijual lagi dari ikin ke bapak saya adalah barang curian.
Di kantor polisi beliau disuruh mengeluarkan uang sebesar 10jt biar bisa keluar dari dan terbebas dari kasus. Ada tawar menawar harga dan sepakat menjadi 5jt, tapi kemudian polisi mengurungkan niatnya untuk mengambil uang yang 5jt dan memasukan bapak saya ke sel setelah mengetahui dari ikin kalau bapak saya seorang bandar, sementara ikin langsung bisa keluar dari kantor polisi padahal dia orang pertama yang membeli emas…