Postingan

Menampilkan postingan dari Februari 6, 2011
loading...
loading...

Merebut kembali harta yang sebelumnya telah diserahkan Pewaris

Gambar
Dengan hormat,
2 bulan yang lalu ayah saya meninggal dunia, meninggalkan 1 orang isteri dan 6 orang anak yaitu: 4 (laki), 2 (wanita). Semasa hidup ayah saya, pernah memberikan/membuat surat pernyataan bermaterai   ditambah tandatangan ayah saya diatas lima kertas segel yang intinya bahwa semua tanah berupa kebun dan sawah serta rumah menjadi hak milik ibu saya dengan saksi 2 orang yaitu, saya dan kakak kandung saya , dan ibu saya pun sudah merubah semua hak milik ayah saya menjadi hak milik atas nama ibu saya.
Yang menjadi permasalahan adalah ibu saya itu memiliki anak lagi (6 orang) dari perkawinan sebelum dengan ayah saya.  Dan ironinya ibu saya itu pingin menguasai sepenuhnya serta membagi harta dari ayah saya kepada  kepada seluruh anaknya yang berjumlah 12 orang.
Pertanyaan saya:
1.Dari keterangan saya diatas apakah tindakan ibu saya itu dibenarkan dalam KUHP perdata dan KHI dengan catatan bahwa pada waktu pengalihan hak milik a/n ayah saya ke ibu saya murni bukan keinginan ayah saya…

Menetapkan bagian ahli waris saat Pewaris masih hidup

Gambar
Dear Pak Wahyu,
Saya perempuan bersuami dan beranak dua laki laki. Saya 3 bersaudara. Kakak saya laki laki sudah beranak istri dan adik saya laki laki juga beranak satu. Adik saya sudah meninggal beberapa tahun lalu dan sampai sekarang istrinya belum menikah lagi. Ibu saya juga sudah meninggal beberapa tahun lalu. Ayah saya menikah lagi dan tidak mempunyai anak dari istri yg kedua ini. 
Mumpung ayah masih ada kami ingin membagi harta warisan kami kepada semua ahli waris yg berhak.
Pertanyaan saya: 1. Dari keterangan saya diatas siapa saja yg berhak untuk mendapatkan warisan? 2. Bagaimana dengan pembagian dan berapa hak dari setiap ahli waris tersebut? Trimakasih banyak atas jawaban yg bapak berikan.
Rgds,
SS
Jawab : 
Terima kasih telah menghubungi saya ... 
Pasal 830 KUHPerdata menegaskan bahwasanya pewarisan hanya terjadi karena kematian. Bagi orang muslim, selain ketentuan Pasal 830 KUHPerdata, mengikat pula ketentuan yang diatur dalam Kompilasi Hukum Islam, dimana dalam Pasal 171 Kompilasi Hu…