Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 16, 2011
loading...
loading...

Harta dan anak dalam hubungan luar nikah dengan expart

Gambar
Selamat pagi pak wahyu, saya punya anak dr seorang expart warganegara perancis, kita hidup bersama selama lebih dr 3 thn, dia memberikan saya rumah n mobil yg masih kredit. sekarang kami ada masalah dimana saya ingin lepas dari dia, tapi dia ingin mengambil kembali apa yg dia telah berikan kpd saya dan ingin kesepakatan masalah anak. dia sudah berkonsultasi dengan lawyernya dan pihak embassy. Saya tidak mau berada di posisi yang terjepit nantinya karena saya tidak mengerti masalah hukumnya.
Bagaimana hukum harta yang dia keluarkan tanpa ada pernikahan,apa bisa digugat? Bagaimana buat kesepakatan yang terbaik tentang anak, krn saya takut apabila anak saya di bawa ke perancis dan tidak di pulangkan lagi? Mohon bantuannya pak wahyu. Saya tunggu jawabannya dari pak wahyu. Terima kasih,
LY
Jawab : 
Terima kasih telah menghubungi saya .. 

Pasal 572 KUHPerdata menegaskan, "setiap hak milik harus dianggap bebas. Barangsiapa menyatakan mempunyai hak atas barang orang lain, harus membuktikan hak …

Hak pesangon bagi Pekerja Harian

Gambar
Salam Bahagia,
Saya ada permasalahan tentang pekerjaan saya. Saya kerja di suatu perusahaan di daerah sorong sebagai tenaga harian yang sudah berjalan 1 tahun 2 minggu. Pada tanggal 11 Januari 2011 saya diberhentikan secara lisan dengan alasan mobil / truk tersebut akan di over houl / turun mesin dan ganti chasis yang butuh waktu 1 bulan sehingga saya di PHK dulu.
Yang saya tanyakan : 1. Apakah hak - hak saya yang bisa saya tuntut ke perusahaan tersebut ? Adakah pesangon buat saya, THR ( selama ini saya tidak dapat THR dari HRD dengan alasan tenaga harian ? 2.  Mohon diberikan dasar hukumnya kalau ada ?
Terimakasih atas jawabannya semoga saya bisa menuntut keadilan.

Ro
Jawab :

Terima kasih telah menghubungi saya ...  
Sepertinya uraian status anda sebagai pekerja lepas harian kurang lengkap karena And tidak menguraikan status perjanjian kerja Anda, apakah dalam PKWT atau PKWTT. Namun demikian, saya coba menjawab pertanyaan Anda dengan uraian sebagai berikut : 
Pasal 157 ayat (2) UU No. 13 Tahun…

Masalah utang piutang kog jadi urusan polisi ?

Gambar
Kepada Yth.
Bapak Wahyu Kuncoro, SH


Saya RM. Saat ini Ayah saya mempunyai masalah hutang piutang. Pada tahun 2005, Ayah saya mengajukan hutang ke bank. Belum selesai jatah angsurannya, Ayah saya sudah dipensiunkan dari pekerjaannya sehingga dia tidak bisa mengangsur hutang lagi. Pada saat itu, ada teman yg menawari menggantikan mengangsur hutang itu dengan balasan kelak Ayah saya apabila mendapat pekerjaan lagi akan bisa balik mengangsur ke dia. Tapi hingga saat ini Ayah saya tidak mendapat pekerjaan apapun dan mengalami kebangkrutan dikarenakan adik saya telah menjaminkan rumah sebagai jaminan kredit untuk pengajuan hutang usaha adik saya. Sampai pada akhirnya, adik sayapun juga mengalami kebangkrutan dan kami terpaksa menjual rumah kami tersebut guna melunasi hutang adik saya itu.


Pada saat adik saya telah berhasil menjual rumah tersebut, teman Ayah saya ini datang dah menagih hutangnya dengan alasan karena Ayah saya berjanji untuk mengganti hutang tersebut apabila rumah kami laku terj…