Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 19, 2010
loading...
loading...

Sita Jaminan dalam Perjanjian Kredit yang belum jatuh Tempo

Gambar
salam, pak wahyu

langsung aja ya pak... pada bulan agustus yg lalu kami menerima kredit dr sebuah bank,sebesar 25 juta,dengan jaminan sertifikat tanah dan bangunan.jangka keridit 3 tahun. namun sejak kami menerima kredit sampai bulan(4 bln) ini kami belum mengangsur. sehingga bank yg bersangkutan memberikan ultimatum jika dalam bulan ini km belum juga membayar semua tunggakan angsuran plus dendanya, maka jaminan kami akan di sita/lelang.
pertanyaan saya pak... apakah pihak bank sudah berhak untuk melelang jaminan kami, kalau  4 bulan angsuran kami belum dapatr membayarnya? bukankah pihak bank dapat mensita/lelang jaminan setelah tgl jatuh tempo dalm arti kalau kami sampai tahun ketiga tidak dapat bembayar hutang, barulah pihak bank mensita jaminan?
mohon advisnya pak wahyu... sebelumnya kami ucapkan terimakasih
bpj
JAWAB : 
Terima kasih telah menghubungi saya ...

Dalam suatu perjanjian, terlebih dalam perjanjian kredit, umumnya dicantumkan klausul tentang wanprestasi yakni klausul cidera jan…

Luas tanah berbeda dengan hasil pengukuran ulang

Gambar
Salam pa Wahyu,

Perkenalkan nama saya Yyw. Kami ada pertanyaan, tepatnya "kebingungan" mengenai Jual Beli Tanah. Kasusnya adalah saat ini kami sedang proses jual beli tanah. diawal ada kesepakatan (tidak tertulis) kalau jumlah yang akan kami bayar adalah berdasarkan ukuran fisik.

Di Surat sertifikat Tanah, tertera ukuran tanah adalah 413 m2. Menurut penjual, mereka meminta pembayaran sebesar 411 m2. Dengan alasan bahwa yg 2 m2 (413 - 411) telah diikhlaskan untuk jalan bagi tanah dibelakang lokasi tanah yang akan dijual.
Setelah proses di Notaris, dan dilakukan pengukuran (ulang) oleh pihak Notaris dan BPN, didapat hasilnya adalah 396 m2 (selisih 17 m2 dr ukuran di sertifikat).
Pertanyaan kami adalah:
1. Mengapa hasil ukur tanah yg dilakukan oleh BPN dan Notaris bisa beda dengan yang tertera di sertifikat. 2. Yang mana kah yang dimaksud ukuran fisik tanah, apakah 411 m2 (Sertifikat - 2 m2) atau hasil ukur (ulang) oleh notaris dan BPN (396 m2) 3. Ukuran manakah yang menjadi acuan/das…

korban penggelapan - supplier - penyidikan = kog saya yang rugi ?

Gambar
Saya adalah pemilik suatu grosir toko handphone, belakangan ini saya tersandung masalah akibat ada downline / bakul saya yang menggelapkan barang saya dalam jumlah besar, dan tersangka kabur... Yang jadi masalah saya harus bertanggungjawab membayar semua tanggungan orderan kepada supplier ∂ï mana saya tidak mampu membayarkannya... Saya sudah melaporkan tersangka ke polres, akan tetapi penanganannya saya rasa terlalu lambat, sementara saya setiap hari ∂ï tagih oleh para supplier... Saya sudah melakukan pengembalian barang kepada para supplier, dan saya sudah mengadakan cicilan 1 kepada para supplier..
Yang saya tanyakan :
1. Apakah saya sebagai korban bisa ∂ï kenakan pasal pidana? Mengingat saya adalah korban penggelapan dan saya sudah mengembalikan barang kepada mereka secara terbuka dan telah melakukan pembayaran cicilan 1
2. Karena saya sudah tidak mampu lagi membayar untuk cicilan berikutnya sebelum pelaku tertangkap, apakah saya bisa terkena pasal pidana, ataukah pasal perdata?
3. Bar…

TANAH ORANGTUA SAYA DI SEROBOT

Gambar
Dengan hormat....,
Nama saya ar, tapi saat ini masih bekerja di Bogor 
Permasalahan: 
orang tua punya sebidang tanah bersertifikat hak milik (SHM) di kota malang jawa timur dengan sebuah bangunan rumah diatas tanah tersebut. Namun bangunan rumah tersebut tidak menempati seluruh area tanah yang ada. Luas tanah menurut sertifikat = 250 meter persegi. Dan luas bangunan di atas tanah tersebut adalah 200 meter persegi. Rumah tersebut saat ini disewa oleh orang lain dan dipakai untuk tempat tinggal.
Karena selama ini orang tua saya sibuk bekerja di bandung jawa barat...., kami hanya sebulan sekali melihat rumah tersebut di kota malang.
Rumah tersebut dibeli oleh ayah saya pada tahun 1988, karena sudah begitu lama...., beberapa batas-batas patok tanah yang ada sudah hilang. satu patok batas di sebelah selatan sudah hilang.
Nah kemudian 2 minggu lalu...., saya dan ibu saya mendapat telephone dari orang/pihak yang menyewa rumah orang tua saya tersebut. si penyewa tersebut memberitahukan bahwa tetang…