Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 24, 2010
loading...
loading...

Saya yang Bayar Pajak Bumi Bangunan, kog saya tidak berhak atas tanah ?

Gambar
Kepada yth, Bpk Wahyu

Saya TT, saya mempunyai masalah mengenai status tanah. Saya mempunyai sebidang tanah plus bangunan tetapi tanah tersebut belum bersertifikat sedangkan pemilik tanah sudah meninggal setelah ditelusuri ternyata tanah tersebut oleh pemilik dibagi kepada 3 ahli waris salah satunya adalah saya.dan sekarang 2 ahli waris tersebut meminta haknya,sedangkan surat PBB atas nama saya jadi selama ini sayalah yang membayar pajak atas tanah dan bangunan tersebut.
Yang saya tanyakan adalah hak apa yang bisa menguatkan saya atas tanah tersebut bilamana sayalah yang membayar pajaknya selama ini? pertanyaan saya yang kedua adalah apakah tanah tanpa sertifikat bisa tebit surat PBB? Demikian pertanyaan yang saya ajukan, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
JAWAB : 
Terima kasih telah menghubungi saya ..... 
Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap bumi dan atau bangunan berdasarkan Undang-undang nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan sebagai…

Tanggung Jawab Penjual

Gambar
Kepada Yth;
Pak Wahyu

Saya AML, orang yang masih awam mengenai hukum. Sekarang saya mendapatkan masalah dan sepertinya terpaksa harus mengerti hukum. Ceritanya begini, sekitar 4 tahun yang lalu saya membeli mobil bekas dari Showroom X seharga 65jt. Mobil tersebut kemudian langsung saya balik nama. Setahun kemudian mobil itu dibeli oleh tetangga saya (pedagang A sekaligus pemilik Showroom Y) seharga 58jt. Oleh pedagang A mobil tersebut dijual ke Mr B seharga 80jt. Dua tahun kemudian, Mr B menjual lagi mobil tersebut ke pedagang C seharga 69jt. Oleh pedagang C mobil tersebut dilempar ke Mr. D di Jawa Timur. Permasalahannya, di Jawa Timur mobil tersebut tidak bisa dibalik nama oleh Mr D karena menurut Polda Jatim, mobil tersebut nomor rangka dan nomor mesinnya palsu meskipun BPKB dan STNK nya asli. Info yang saya denger, nomor mesinnya tempelan dan nomor rangkanya ga bs di gesek nomornya.
Melihat kondisi tersebut, Mr. D mengembalikan mobil tersebut ke Mr. C, dan pedagang C mau mengembalikan…