Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 27, 2009
loading...
loading...

Hak Nasabah Leasing atas uang claim asuransi

Gambar
Bapak Wahyu Kuncoro S.H,
Saya membeli mobil dengan cara leasing melalui ACC dengan asuransi mobil Garda Oto.Kemudian beberapa minggu setelah itu mobil saya hilang. Segala urusan surat hilang di polisi sudah selesai dan claim sudah ditransfer dari garda ke ACC.
Yang menjadi pertanyaan saya, apakah saya berhak mendapatkan uang claim tersebut, sebesar uang yang telah dikeluarkan dikurangi biaya administrasi, Sebelumnya berikut perincian uang yang sudah saya keluarkan :
Harga OTR 168.400.00 DP 20 % : 33.680.000 TDP (DP + Angsuran I ) : 38.846.000 Angsuran II : 3.884.000
Claim yang ditransfer garda ke ACC : 168.400.000 – 200.000 = 168.200.000
Thanks & regards, FN

JAWAB :
Terima kasih telah menghubungi saya ...
Ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian seputar "leasing".
Leasing atau yang dalam aturan hukum Indonesia disebut Sewa Guna Usaha diatur dalam PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 84/PMK. 012/2006 tentang Perusahaan Pembiayaan. Sewa Guna Usaha (Leasing) adalah kegiatan …

Hak Pembeli - Kewajiban Penjual

Gambar
Mau tanya mengenai jual beli tanah nih Pak. Misal saya beli tanah, pada waktu di notaris bisakah dibuat perjanjian kalo ke depan setelah saya beli tanah tersebut ada permasalahan itu menjadi tanggung jawab penjual bukan saya sebagai pembeli. Apakah bisa dibuat perjanjian seperti itu? Dengan catatan disini surat-suratnya resmi dan sah.
Terimakasih sebelumnya atas pencerahannya Bapak.
DIP

JAWAB :
Secara umum dalam transaksi jual beli, hukum menegaskan tentang hak - kewajiban pembeli dan penjual sebagaimana diatur dalam Buku ke - 3 KUHPerdata Bab V tentang jual - beli.
Dalam Pasal 1474 KUHPerdata ditegaskan bahwasanya Penjual mempunyai dua kewajiban utama, yaitu menyerahkan barangnya dan menanggungnya.
Dalam Pasal 1491 KUHPerdata dikatakan bahwa Penanggungan yang menjadi kewajiban penjual terhadap pembeli, adalah untuk menjamin dua hal, yaitu:
1) penguasaan barang yang dijual itu secara aman dan tenteram; 2) tiadanya cacat yang tersembunyi pada barang tersebut, atau yang sedemikian rupa sehin…