Postingan

Menampilkan postingan dari November 8, 2009
loading...
loading...

Pemahaman isi pasal 59 UU.13 Tahun 2003

Gambar
Sore pak,
Saya adalah salah satu pegawai yang bekerja di bagian HRD&GA pada sebuah perusahaan tambang batubara di kaltim. Ada perbedaan pendapat tentang isi pasal 59 UU 13 2003, klo boleh kami minta bantu.

Dalam regulasi pasal 59 UU 13-2003 kesimpulannya disebutkan :
Kontrak PKWT pertama paling lama 2 tahun, dapat diperpanjang 1 kali paling lama 2 tahun dan jika diperbaharui hanya 1 kali untuk paling lama 2 tahun
Pendapat-1 :
"Jika terjadi 2 kali kontrak, maka kontrak ke-2 tidak boleh lebih panjang dari kontrak pertama"
misal;
A dikontrak ke-1 selama = 6 bulan A dikontrak ke-2 waktunya tidak boleh lebih dari 6 bulan, maksimal 6 bulan. Kontrak ke-1 & ke-2 waktunya hanya 1 tahun A dikontrak ke-3 selama = 6 bulan, tetapi sebelum dikontrak harus jeda 30 hari dulu.
Pendapat-2 :
"Kontrak ke-2 waktunya boleh lebih panjang dari kontrak pertama, asalkan tidak boleh melebihi 2 tahun".
Misalnya : A dikontrak ke-1 selama = 6 bulan A dikontrak ke-2 selama = 18 bulan Kontrak ke…

Mantu Vs Mertua

Gambar
Salam sejahtera.
Sebenarnya ini permasalahan orang tua saya dengan menantu laki-lakinya. Awalnya adik ipar saya ini sering pinjam uang melalui adik saya untuk usaha dengan janji akan dikembalikan. Termasuk menjual beberapa mobil orang tua yang dipinjamkan kepada adik saya. Lama-kelamaan utangnya membesar. Istrinya (adik saya) dan anak2nya ditelantarkan.
Pada suatu saat dia terdesak utang kepada orang lain, akhirnya dia meminta orang tua saya untuk membeli rumahnya. Dengan catatan orang tua saya maunya di notaris. Akhirnya terjadilah akte jual beli dan sertifikat sudah dibalik nama ayah saya.
Perjanjian mengenai hutang2 adik ipar saya dilakukan dibawah tangan dengan catatan apabila rumah tersebut akan dipakai oleh ayah saya, dia siap pindah dilakukan dibawah tangan (ditulis tangan dengan tanda tangan tanpa materai).
Kurang lebih satu tahun dari jual beli tersebut, ayah saya beniat memakai rumah tersebut sebagai tempat usaha dengan mendatangi menantunya. Di luar dugaan adik ipar saya ma…