Postingan

Menampilkan postingan dari September 27, 2009
loading...
loading...

anak saya melahirkan cucu tetapi dari lelaki yang sudah beristri

Gambar
Salam sejahtera Pa Wahyu,
saya memiliki seorang anak yang melahirkan seorang cucu perempuan yang notabene adalah anak dari seorang laki-laki yang sudah beristri dan sudah memiliki dua orang anak. Terlahir anak diluar nikah, dan anak saya tersebut melakukan kesalahan dengan mendaftar pada RS dengan identitas palsu, sehingga tidak dapat mengurus surat suratnya.
Laki laki tersebut memberikan uang yang diterima anak saya pada saat melahirkan, dan beberapa bulan setelah melahirkan setiap bulannya, Namun karena beban mental, anak saya menemui laki-laki tersebut didepan anak dan istrinya. sehingga mulai saat itu laki-laki tersebut tidak mau memberikan uang lagi. Saya juga tidak dapat berbuat apa apa dengan masalah yang ada ini.
Ini adalah aib keluarga, bahkan saya malu bahwa ada anak diluar nikah bahkan bisa disebut anak saya perusak rumah tangga orang dan merupakan simpanan laki-laki tersebut.
Saya ingin bertanya, semakin rumit saja bagi saya, mohon bantuannya :
1. Apakah mungkin cucu saya memi…

Saudara tidak mau menjual tanah warisan

Gambar
Kepada Pak Wahyu,
Saya Jhi, saya mau bertanya tentang masalah penjualan rumah warisan.
4 tahun yg lalu ayah kami meninggal dan mewariskan sebuah rumah yang cukup besar kepada kami (ibu dan 3 orang anak semua muslim). Masalahnya salah satu saudara kami yang tinggal di rumah tersebut tidak ingin menjualnya dengan cara tidak mau menandatangani apapun dokumen2 yang berkaitan dengan jual-beli. Jalan musyawarah sudah kami tempuh tetapi saudara saya tersebut tetap tidak mau bekerjasama.
Kami sudah berupaya mencari tahu bagaimana jalan keluar dari masalah ini, diantaranya ada yang menyarankan ke pengadilan agama. Tapi kami masih bingung karena keputusan pengadilan agama setahu saya hanya mengatur pembagian hak waris, tidak mengatur legalitas jual-beli karena proses jual-beli tetap harus melibatkan seluruh ahli waris.
Pertanyaan saya :

1. Bagaimana jalan/proses hukum yang harus kami tempuh sehingga rumah warisan tersebut dapat segera terjual tanpa masalah di kemudian hari.
2. Bagaimana jika nanti…

WAJIB DAFTAR BAGI ANAK YANG BERKEWARGANEGARAAN GANDA

Gambar
Dengan Hormat,
Saya Pak Denis warga negara Prancis yang menikah sah dengan Ibu Dina warga Negara Indonesia. Kemarin, tanggal 24 Agustus, anak kita perempuan baru lahir. Pertanyaan saya, dalam undang undang tanggal 12 Nopember 2006 yang mulai di aplikasi tanggal 20 Nopember 2006, anak hasil pernikahan campur WNI dengan WNA, dapat 2 kewarganegaraan. Apakah sesudah lahir, akte kelahiran anak harus di registrasi di imigrasi?
Saya berterimakasih atas jawaban dan perhatiannya.
D&D

JAWAB :
Terima kasih telah menghubungi saya ...
Pasal 6 ayat (1) dan ayat (2) UU No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia menyatakan :
(1) Dalam hal status Kewarganegaraan Republik Indonesia terhadap anak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf c, huruf d, huruf h, huruf i, dan Pasal 5 berakibat anak berkewarganegaraan ganda, setelah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin anak tersebut harus menyatakan memilih salah satu kewarganegaraannya.
(2) Pernyataan untuk memilih kewarganegaraan seba…

Hak Pengusaha atas pembangkangan Pekerja

Gambar
Salam sejahtera, saya bernama Al, salah satu pengusaha advertising di Medan. Saya ingin menanyakan hal yang berhubungan dengan pasal hukum dalam kaitannya dengan tenaga kerja atau karyawan.
Dengan perilaku anggota kerja yang tidak kooperatif , saya ingin menanyakan beberapa hal :
1) Jika dalam pekerjaan yang sedang berlangsung, dan anggota kita meninggalkan lapangan tanpa sebab ataupun dengan alasan yang tidak dapat diterima , terkadang malah berbohong ada urusan penting di rumah dll. Sehingga daripadanya pekerjaan terbengkalai dan proyek tidak bisa siap di jam tertentu. Sehingga kita tidak dibayar oleh klien dan malah dituntut. Adakah segi hukum yang dapat memihak kepada pengusaha seperti saya dengan kondisi seperti ini ? Apakah saya berhak menuntut mereka atas dasar tindakan ini ? Perlahan perilaku ini mulai menyebar ke anggota kerja, dan tindakan skorsing serta pemotongan upah/bonus/kerajinan dan lainnya juga tidak efektif.
2) Untuk kasus seperti no 1, jikalau dari perusahaan memutus…