Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus 30, 2009
loading...
loading...

Hak Warisan Keluarga Tanpa Keturunan

Gambar
Dear Pak Wahyu,
Saya Jb dari Manado. Sulawesi Utara, saya mau bertanya tentang masalah warisan dari keluarga / sepasang suami istri yang tanpa keturunan.
Ceritanya begini :
Ada sepasang suami istri menikah tanpa anak. Semasa hidup mereka banyak memberi harta baik tanah dan bangunan rumah. Kemudian suatu ketika sang suami meninggal dan tinggal seorang istri. Dengan demikian semua harta dalam penguasaan seorang istri. Selanjutnya sebelum istri ini meninggal dunia dia meninggalkan surat wasiat kepada kakak beradiknya atas sejumlah harta warisan yang masih ada.

Pertanyaan saya :

1. Apakah salah kalau istri ini hanya meninggalkan wasiat pembagian harta tersebut kepada kakak beradiknya ?
2. Bagaimana dengan kakak beradik / keponakan dari bapak yang sudah meninggal duluan; apakah berhak atas warisan tersebut ?
3. Apakah kakak beradik / ponakan dari bapak (suami) dapat menggugat si istri ?
4. Apakah kakak beradik / keponakan dari Bapak seharusnya memiliki hak atas tanah peninggalan ? karena suami ist…

HAK ORANG DALAM PERKARA PIDANA

Gambar
Salam Hormat,
Saya sekarang sedang menghadapi permasalahan hukum, di kantor saya bekerja telah terjadi kehilangan barang, ada salah satu karyawan yang memberikan pernyataan bahwa telah memberikan barang tersebut kepada saya tanpa bukti secara tertulis dan juga tanpa saksi yg menguatkan pernyataannya. Sebaliknya saya mempunyai banyak saksi yang mendukung saya yg menyatakan tidak pernah melihat barang yg dimaksud berada di ruangan kerja saya karena ruangan tempat saya bekerja dihuni oleh staff lain juga.
Atas pernyataan tersebut saya dipanggil oleh pihak kepolisian sebanyak 3 kali (1 kali melalui surat resmi dan 2 kali secara lisan).
Sekarang saya merasa cape dan tertekan atas panggilan tersebut karena kasus tidak kunjung tuntas.
Pertanyaan saya adalah :
1. Apakah hak saya dalam kasus ini ?
2. Bolehkah saya mengabaikan panggilan polisi yg tidak disertai surat panggilan secara resmi ?
3. dapatkah seseorang dipanggil ke kepolisian hanya atas dasar ucapan lisan yg tidak disertai bukti dan saks…

Menentukan Sertifikat yang berlaku

Gambar
Ass Wr Wb Yth. Bapak Wahyu Kuncoro
Saya mau tanya mengenai adanya sertipikat yang tumpang tindih dengan sertipikat/ girik C yang lain mana yang menurut hukum yang berlaku
Kronologisnya sebagai berikut
1. Pemilik menguasai fisik tanah mulai th 1963 dan mempunyai girik C atas nama ybs, dan belum pernah mengajukan permohonan pensertifikatan ataupun pelepasan hak nya atas tanah tersebut.
2. Tanpa sepengetahuan pemilik girik C, pada tahun 1973 ada terbit sertifikat atas nama pemilik Girik C kemudian dialihkan dengan AJB dengan PPAT camat, dan melalui kuasa hukumnya dibalik nama dengan nama nama pemilik baru (pemilik sertifikat baru tidak pernah mengetahui letak dan batas dari lokasi tanah yang dimaksud dalam sertifikat) dan diduga penerbitan sertifikat tersebut untuk jaminan ke bank.
3. Pada tahun 2004 karena adanya program pemerintah untuk pembuatan fasum dan pemilik sertifikat ingin mendapatkan ganti rugi atas sertifikatnya maka pemilik melaporkan berita kehilangan sertifikatnya pada kepolisi…