Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus 1, 2009
loading...
loading...

Hak Ahli Waris atas Tanah yang Dikuasai Orang Lain

Gambar
Saya rcy lulusan UKI..
Saya mau tanya mengenai hak milik atas tanah.
Saya mempunyai sebidang tanah yang saat ini tanah tersebut diduduki oleh orang yg dulu pernah memberi utang kepada ayah saya 20 tahun yg lalu..tapi saat ini orang tua saya sudah tidak ada lagi dan saya ahli warisnya..yang mau saya tanyakan :
1. bagaimana cara saya agar orang tersebut pergi dari tanah saya?
2. apakah utang orang tua saya yg 20 tahun lalu menjadi tanggung jawab saya apa tidak?
3. apakah saya bisa melakukan gugatan pidana dan perdata?
4. apakah ada masa berlakunya orang menduduki tanah saya?

Terimakasih..

JAWAB :
Terima kasih telah menghubungi saya :
1) Pasal 528 KUHPerdata menegaskan bahwasanya atas suatu barang, orang dapat mempunyai hak besit atau hak milik atau hak waris atau hak menikmati hasil atau hak pengabdian tanah, atau hak gadai atau hak hipotek.
Pasal 584 KUHPerdata menyatakan bahwasanya hak milik atas suatu barang tidak dapat diperoleh selain dengan pengambilan untuk dimiliki, dengan perlekatan, de…

Pengalihan Hak Asuh Anak berdasarkan Kesepakatan

Gambar
Saya ingin menanyakan alternatif hukum atau legalitas hak asuh anak.
Saya sudah berceai dengan istri saya dan dalam persidangan telah ditentukan bahwa anak2 berada dibawah asuhan mantan istri saya dengan pertimbangan karena mereka dibawah umur.
Jika sekarang ini ada persetujuan atau persamaan pendapat antara saya dan mantan istri saya supaya anak2 bisa berpindah dibawah asuhan saya dan istri saya yang baru, apakah secara legalitas harus diputuskan melalui pengadilan juga? Mungkinkan legalitas ini dibuat berdasarkan persetujuan diantara kita berdua (Saya dan mantan istri saya) dibawah materai dan didaftarkan pada instansi notaris dan kantor kependudukan setempat?

Dengan pertimbangan kalau melalui pengadilan akan mengeluarkan biaya besar dan memerlukan proses yang panjang sekali sedangkan kita berdua sudah sepakat dan saling menyetujui.
Salam,
Phi.

JAWAB :
Terima kasih telah menghubungi saya.
Pasal 49 UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan menyatakan :
(1) Salah seorang atau kedua orang tua da…

Menuntut Bank atas Jaminan Kredit

Gambar
Teman saya berilah nama misalnya si A, mempunyai usaha bersama bidang perdagangan dengan si B. Lalu si A mengambil kredit ke Bank pemerintah dengan jaminan SHM milik si B. kredit tersebut sempat macet beberapa tahun.
Akhirnya usaha tersebut bentrok dan si B kabur entah kemana karena takut di lelang akhirnya dengan susah payah si A melunasi hutangnya ke Bank.
Masalah : pihak Bank menolak mengembalikan jaminan (SHM) kepada si A dengan alasan pengambilan jaminan harus bersama-sama dengan si B sedangkan si B telah kabur (karena si B punya hutang ke si A)
Pertanyaan :

1. Apakah tindakan Bank dapat dibenarkan? karena pada saat akad kredit si B setuju jaminannya dipergunakan oleh si. A ( dengan menandatangani SKMH (Srt kuasa memasang hipotik).
2. Apakah bank tersebut dapat dituntut karena menahan-nahan jaminan? karena sangat merugikan si.A
3. Sampai kapan masalah ini selesai karena si B kabur entah kemana ?
Mohon saran dan atas nasihat serta sarannya kami ucapkan terima kasih
HS
JAWAB :
Terima k…