Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 7, 2009
loading...
loading...

Pernikahan Dua Negara dan Anak Luar Nikah

Gambar
Selamat malam bapak,
Saya ada beberapa persoalan yang saya sangat berharap bapak bisa memberi jawaban berdasarkan hukum UU Republik Indonesia.
Saya seorang lelaki warganegara Malaysia berhasrat untuk bernikah ama isteri (dari pernikahan siri) berwarganegaraan Indonesia. Kami sudah pun bernikah siri selama 1 1/2 tahun dan selama ini dikarnakan saya bekerja di Indonesia kami belum pernah diskusi tentang hidup untuk 3 tahun kedepan. Dikarnakan situasi dunia sekarang, kemungkinan besar saya akan pulang ke Malaysia dan saya berharap untuk membawa pulang isteri sama anak.
Kami sekarang berencana untuk bernikah secara resmi. Tetapi beberapa persoalan timbul mengenai status anak kami :
1) Dikarnakan nikah siri itu tidak diiktirar Kantor KUA/Republik Indonesia, anak kami tidak mempunyai Akta Kelahiran. Apakah anak saya otomatis berstatus Anak Luar Nikah?
2) Selepas bernikah resmi, apakah kami bisa meminta status anak kami dan mendapat Akta Kelahiran?
3) Anak kami dilahirkan pada tanggal 19 Agustus 2…

Hak waris antara istri sah berdasarkan hukum dan istri nikah siri

Gambar
Yth Bpk Wahyu,
Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai hukum waris. Saya memiliki seorang kakek, dimana kakek saya memiliki 4 orang istri (satu dicerai) dan 16 orang anak. Sekitar sebulan yang lalu, kakek saya meninggal dunia, dan sebelum meninggal kakek saya tidak meninggallan surat wasiat baik untuk istri maupun anak-anaknya.

Pertanyaan yang ingin saya ajukan mengenai harta warisan dari almarhum kakek saya adalah sebagai berikut:
• istri pertama masih ada, nikah sah scr hukum maupun agama islam & mempunyai 5 orang anak yg terdiri dari 3 perempuan 2 lelaki • istri kedua masih ada, nikah sirih mempunya 8 orang anak yg terdiri dari 3 perempuan 5 lelaki
istri ketiga status sudah bercerai secara sah (tidak dibicarakan lebih lanjut karena status bercerai), akan tetapi mempunyai 3 orang anak lelaki
• istri keempat masih ada, nikah sirih tidak mempunyai anak.
Berarti secara total ahli waris kakek saya mempunyai 3 istri & 16 orang anak sampai akhir hayatnya. Mengenai aset ya…

Perkawinan Beda Agama yang dilangsungkan di Luar Negeri

Gambar
Dear : Pak Wahyu,
Mohon advisenya sbb :
1. Saya WNI (Kristen) rencana menikah dengan WNA German yang tinggal di America (permanent resident/ Green Card Holder).
2. Rencana pernikahan di America, mengikuti hukum America (Dan kami akan tinggal di America setelah menikah)

3. Setelah menikah, dia tetap menjadi WNA German & pada saat yang sama permanent resident USA. Sedangkan saya juga tetap WNI Dan pada saat yang sama juga sebagai permanent resident USA .
Yang ingin saya tanyakan sbb :
1. Apa yang harus saya lakukan agar pernikahan kami menjadi pernikahan yang sah menurut hukum Indonesia ?
2. Apakah harus di daftarkan di Kedubes Indonesia yang Ada di US ?
3. Apakah pernikahan beda agama yang dilakukan di luar negri bisa di akui oleh Indonesia ? (saya Kristen & pacar : kepercayaan).
4. Apakah Ada keharusan untuk mendaftarkan pernikahan kami di catatan sipil Indonesia dalam wakyu satu tahun setelah pernikan di selengarakan ? / apa pendaftaran bisa di wakilkan ? Atau harus pasangan (say…

Pewaris dan Ahli Waris, apa yang harus disiapkan ?

Gambar
Kepada Yth, Bapak NM. Wahyu Kuncoro, SH
Dengan hormat,
Saya berusia 52 tahun keturunan Batak, beristerikan putri sulung (48 tahun) dari 7 bersaudara yang dua diantaranya yakni anak ke-3 dan ke-5 adalah lelaki.
Semua saudara isteri saya telah berkeluarga, yang juga dengan orang Batak kecuali Adik ipar lelaki yang nomor-3 menikah dengan keturunan India. Ibu mertua saya meninggal pada tahun 2007 dan dimakamkan di tanah Batak.
Mertua lelaki saya (79 tahun)/pensiunan PNS, sampai saat ini masih sehat memiliki 2 rumah besar dimana rumah pertama ditempati oleh anak lelakinya yang pertama (anak ke-3) sedangkan rumah yang kedua ditempati bersama oleh mertua saya, keluarga anak lelakinya yang kedua (anak ke-5) dan keluarga saya.
Sebagaimana lajimnya dalam tradisi Batak, mertua saya sangatlah berharap bahwa kedua anak lelakinya menjadi pewaris sekaligus penerus marganya apalagi beliau adalah pendiri dan pemuka adat dari marganya sejak tahun 1960-an.
Tapi apa yang menjadi harapan mertua saya selama lebi…

Tanah Bersertifikat akan digusur

Gambar
Selamat pagi pak Wahyu,
Beberapa hari ini didaerah tempat tinggal saya beredar info akan dibangunnya jalan Tol, hal tsb juga dibenarkan oleh pejabat kelurahan dan beberapa warga yg pernah didatangi oleh petugas ukur, dan saat ini pula ada beberapa warga yg sedang "giat" mencari kebenaran informasi tsb karena sebenarnya isu tsb sudah disebar luaskan sejak setahun yg lalu.

Masalah yg saya hadapi adalah, saya baru beberapa bulan tinggal di tempat itu dgn status tanah Bersertifikat Hak Milik yg diterbitkan thn 2007, punya Surat IMB dan Bangunan rumah saya permanen.Seandainya saya kena tergusur, dalam hal ganti ruginya apakah saya dihargai sama dgn warga yg tidak memiliki Sertifikat & IMB ?
dan apakah ada hak-hak saya lainnya yg bisa saya dapatkan ? sehubungan dgn legalitas atas tanah & bangunan saya tsb ?
Mohon pencerahan dari bapak dan saya ucapkan terima kasih
Hormat saya, Rz

JAWAB :
PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 65 TAHUN 2006 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN P…