Postingan

Menampilkan postingan dari Mei 24, 2009
loading...
loading...

Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) sebagai Penunda Sidang

Gambar
Yth. Bapak Wahyu Kuncoro, S.H. Di tempat
Dengan hormat, Sehubungan dengan pokok surat saya ini, perkenankan saya HHmeminta informasi/opini/fakta dari Bapak Wahyu Kuncoro, S.H. sebagai Advokat terhadap masalah yang saya alami saat ini.

Berikut sedikit uraian mengenai kasus saya:
1. Saat ini saya menempati sebuah lokasi tanah di Cengkareng yang saya beli dari seseorang bernama Ibu Susi pada tahun 1990. Dan sejak tahun 1990 hingga sekarang, telah saya kuasai secara fisik dengan membangun bangunan dan menempatinya.
2. Pada tahun 2008, ada seseorang bernama Dody yang mengadukan saya ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat (kasus Perdata) bahwa saya telah menempati tanah saudara Dody dengan bukti girik garapan atas nama Ibu Susi yang dia pegang. Dan pada bulan November 2008, Pengadilan Negeri Jakarta Barat telah memutuskan bahwa saya bersalah/kalah dan saya harus meninggalkan lokasi tanah tersebut.
3. Setelah kalah di tingkat Pengadilan Negeri Jakarta Barat, saya melaporkan kepada pihak Polres Jak…

PHI bilang ... Saya Gak Berhak atas Pesangon

Gambar
Salam sejahtera.
Saya bekerja di perusahaan China yang dimiliki oleh orang Indonesia. Dengan surat perjanjian dibuat di Indonesia untuk bekerja di China. Mulai bekerja pada tahun 1997 dan sejak dihentikan operasional perusahaan tahun 2006, saya kembali ke Indonesia . Dengan persetujuan ke 2 belah pihak, saya diperkerjakan di perusahaan yang ada di Sukabumi.
Pada tahun 2008 , dengan tanpa alasan yang jelas saya di PHK sepihak. Setelah berunding tanpa menghasilkan solusi yang baik u/masalah pesangon, urusan PHK berlanjut ke PHI. Di PHI, saya dinyatakan tidak berhak atas pesangon karena saat bekerja di Sukabumi tidak ada/disertai Surat Perjanjian Kerja Tertulis.
Apakah dalam hal ini saya dapat melakukan Gugatan Perkara Perdata dengan masa kerja dari tahun 1997 samapi 2008 ? Juga bisakah saya melaporkan ke pihak berwajib masalah sisa gaji tahun 2008 yang belum dibayarkan ! Karena sampai dengan saat ini tiap saya minta sisa gaji, yang ada hanya janji2 melulu yang tidak pernah terealisasi pemb…

Cuma Pinjam Sertifikat, Bukan Jual Beli Sesungguhnya

Gambar
Selamat malam pak...
Sy mau konsultasi hukum karena saya tidak tau harus gimana...20 tahun yang lalu alm ayah sy pernah membuat akte penjualan tanah ke adik ibu saya tp hanya supaya adik ibu saya bisa mengagunkan tanah itu ke bank untuk usaha adik ibu sy ...tp pihak bank tidak mau karena tanah itu lokasinya tidak bagus...karena alm ayah sy percaya kepada adik ibu saya maka alm tidak membuat pembatalan kembali jual beli di notaris.
Setelah 10 thn kmd tiba tiba adik ibu sy datang menuntut tanahnya dan melaporkn ibu sy ke polisi, krn ibu sy merasa tanah itu miliknya maka tanah itu beliau jual..ibu sy memang tidak tau bahwa tanah itu sudah di jual oleh ayah saya karena ibu sy merasa tidak pernah menjual dan menerima uang jual beli dari tanah itu..memang pd wkt penjualan pertama ke adiknya, ibu sy sebagai saksi di notaris...apa yg hrs km lakukan krn km merasa benar benar di sakiti krn memang ayah km tidak pernah menerima uang penjualan tanah itu, alm hy bermaksud menolong adik ibu sy..mohon…

Maaf, Bukan Saya Tidak Bertanggungjawab

Gambar
YTH pak wahyu
Setahun yang lalu saya pernah punya pacar yg di kenalkan oleh kakak ipar saya.. hubungan kami sudah jauh layaknya seorang suami dan istri.. saya baru kenal 2 minggu sudah harus saya tinggal krn pekerjaan saya sebagai waiter di salah satu kapal pesiar selama setahun setelah sebulan dia mengabari saya kalo dia hamil....

Kami setuju untuk memelihara janin itu.. saya sudah janji sama orangtua nya utk bertanggung jawab, dan akan saya nikahkan setelah saya pulang.. tp setelah lama, tidak tahu tepatnya saya telpon dia tidak di angkat2.. saya telpon keponakannya.. katanya pacar saya di paksa utk aborsi.... saya hubungi ibunya utk tidak melakukan aborsi, karena takut terjadi apa2 sama pacar saya.. mereka tidak mengubris.. dan pada akhirnya di lakukan juga...
Stelah itu kami sering berantem.... dan pada akhirnya kami putus.... kami putus baik2... selang berapa bulan saya dengar kabar dia harus operasi kista.. saya tidak tahu menahu masalah itu..
Pada akhirnya saya pulang ke indonesi…

Mantan Istri Boros, bisa tidak hak perwalian anaknya dicabut ?

Dengan hormat,
Saya ingin berkonsultasi atas permasalahan yang sy hadapi. Sesuai dengan hasil ketetapan pengadilan yang memutuskan perceraian saya dengan mantan istri memutuskan hak perwalian anak saya yg berusia 3th jatuh kepada ibunya dan mewajibkan saya untuk memberikan uang tunjangan per bulannya thd anak sy melalui mantan istri saya. Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah salah bila saya tdk memberikan uang bulanan tersebut dengan alasan mantan istri sya pun tidak bijak dalam membagi waktu saya dengan anak saya. Saya tdk diperkenankan membawa anak saya untuk tinggal beberapa saat dengan saya misal di wkt anak sy libur. Sy hanya diperkenankan utk bertemu selama beberapa saat saja. Menurut sy pertemuan yang hanya beberapa saat tsb tdk bisa efektif untuk menanamkan keakraban sy dengan anak sy yang masih balita. Selama 3th bercerai hanya pada awal-awal saja sy bisa membawa anak sy tinggal bersama saya utk beberapa saat. Sebenarnya tdk ada masalah buat saya utk membayarkan uang tsb apabila…

Bagaimana cara menggugat sertifikatnya?

Gambar
Yth. Pengasuh Advokatku
Salam sejahtera, pertama tama saya haturkan beribu terimakasih atas kebaikan Bapak menciptakan blog ini untuk menolong orang yang membutuhkan bantuan hukum, to the point saja ya pak, saya mempunyai orang tua yang awam tentang hukum.
Sekitar tahun 1989-an (ketika saya masih duduk di bangku SD) ibu saya berhutang kepada si A, tanpa ada jaminan; setelah sekian bulan, ibu saya di tagih, tetapi ibu saya tidak dapat memenuhi kewajibannya membayar utang, si A menawarkan agar utangnya di bayar dgn tanah yang di miliki ibu saya (dengan dalih jual beli), akhirnya ibu saya dgn rasa terpaksa merelakan tanah nya di beli paksa oleh si A, . nah pertanyaannya:
1. sah kah tanah tsb dimiliki oleh si A ?
sedangkan :
- si A sudah mempunyai sertifikat tanah atas tanah yang ibu saya jual paksa kpdanya,-sampai sekarang saya membayar PBB masih tercantum luas tanah sebelum di serahkan kpada si A.
- tidak ada bukti otentik terjadinya akad jual beli tanah.(diatas materai)
2.sah kah jual beli …