Postingan

Menampilkan postingan dari November 30, 2008
loading...
loading...
042770f43c82904f32eeeae4020c3d9d7fea6d21266e668ca6

Mohon Penjelasan Mengenai Ikatan Kontrak Kerja

Gambar
Yth. Bpk. Wahyu,
Nama saya Andi Faizal. Saya mohon bantuan penjelasannya tentang hal yang akan saya jabarkan dibawah ini.
Mohon maaf jika pertanyaan ini mungkin sudah pernah ada yang menanyakan. Saya bekerja pada sebuah perusahaan supplier. Ini adalah pekerjaan pertama saya. Saya mendapatkan kerja ini dengan status kontrak kerja selama 5 tahun dan sudah pernah mengikuti training ke luar negeri selama 5 minggu. Yang saya ingin tanyakan:
1. Apakah secara hukum ketenaga kerjaan, kontrak kerja selama 5 tahun itu sah? 2. Ada salah satu kalimat dalam kontrak kerja saya bahwa jika saya keluar sebelum kontrak kerja selesai, saya akan dikenai penalti sebesar 3 kali biaya training ke luar negeri saya. Kurang lebih EUR 5000. Apakah ini dibenarkan?3. Kontrak kerja saya dari April 2005 hingga April 2010, dan saya berencana untuk mengundurkan diri awal tahun 2009. Apakah langkah tersebut boleh saya lakukan?
Dari saya kerja sampai sekarang saya belum tahu mengenai undang-undangketenaga kerjaan, jadi moh…

Hak Karyawan atas pengunduran diri

Gambar
Selamat malam Pak, Saya mau nanya nih,Orang tua saya sudah bekerja di satu perusahaan selama 20 tahunan lebih dan sekarang usia orang tua saya sudah 60 an trus keliatannya Boss nya itu sudah tidak enak dengan orang tua saya berhubung karena ada perselisihan belakangan ini..Jadi orang tua saya memilih untuk berhenti bekerja daripada situasi kerja sudah gak nyaman.. yang perlu saya tanyakan nih Pak. ada gak undang2 yang menetapkan seorg melakukan PHK karena mengundurkan diri di bayarkan tberupa uang tunjangan dllnya?soalnya yang saya dengar perusahaan tersebut belum pernah membayarkan uang tunjangan apapun apa lagi yang namanya pesangon..dan apakah solusi terbaik untuk mengclaim supaya dana tunjangan tersebut itu dibayarkan?maklum Pak karena Orang susah makanya sangat perlu uang tersebut di hari tua..
Mohon bantuannya Pak
Sebelum dan sesudahnya Saya ucapkan banyak Terima kasih
DW
JAWAB :
Terima kasih telah menghubungi saya ...
Berdasarkan surat menteri tenaga kerja No. B.600/Men/SJ-HK/VIII/200…