Postingan

Menampilkan postingan dari November 9, 2008
loading...
loading...

Pembatalan Perkawinan

Gambar
Yth. Bpk Wahyu
Saya berharap bapak dapat membantu saya dalam menyelesaikan masalah yang saya hadapi, tentunya dari segi hukum.
Seorang teman saya, pernah dengan tidak sepenuhnya sadar telah menandatangani sebuah surat, yang setelah diketahui beberapa saat kemudian bahwa itu adalah surat perjanjian pernikahan. Wanita yang juga teman kerjanya telah menjebaknya untuk menandatangani surat tersebut. Usia teman saya baru 23 saat itu, dan wanita itu sekitar 40an, saya juga kurang tahu pasti tepatnya.
Lalu wanita tersebut memaksa teman saya ini untuk menikahinya secara resmi karena sudah ada tanda tangannya pada surat perjanjian tersebut. Teman saya terpaksa mengikuti kemauan wanita tersebut karena takut di laporkan ke pihak berwajib karena telah ingkar terhadap surat perjanjian dan dimasukkan ke sel. Mengingat kondisi wanita tersebut kaya sedangkan teman saya ini kurang mampu, dan dicocokkan kondisi para penegak hukum di Indonesia maka penjara bukanlah hal yang tidak mungkin baginya, dan ia ta…

Tanpa sidang Replik dalam Perceraian

Gambar
Ass, Bapak NM. Wahyu Kuncoro, S.H.
Bapak Yth, saya ingin menanyakan sedikit masalah yang menganjal dalam pemikiran saya dimana saya digugat oleh istri saya melalui Pengadilan Agama Surabaya, pada sidang I & II sudah kami lalui, dalam agenda sidang III saya diharuskan menyiapkan jawaban atas gugatan, pada sidang ke III yang berlangsung tanggal 11 Nov 08, saya sudah membawa jawabannya tapi setelah jawaban saya serahkan ke Majelis Hakim dan Penggugat, Penggugat tidak mau merespon atau menanggapinya dari jawaban saya, dan meminta Majelis Hakim untuk langsung ke sidang pembuktian minggu depan dan itu dikabulkan oleh Majelis Hakim.
Yang ingin saya tanyakan Dapatkah hal tersebut berlangsung tanpa adanya sidang Replik & Duplik? Apakah jawaban saya akan dibaca oleh Majelis Hakim selaku pengambil keputusan? Bila tidak bagaimana saya selaku tergugat dapat menyampaikan keberatan atas gugatan tersebut?
Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak yang telah sudi memberikan info…

Hak Waris Anak Asuh Menurut KUHPerdata

Gambar
Dear bapak Wahyu Kuncoro SH,

Nama saya wahyu..
Saya ingin berkonsultasi mengenai masalah pembagian dan hak waris bagi anak asuh..
Sebelumnya saya ingin menjelaskan terlebih dahulu permasalahan yang terjadi..
Saya, sejak lahir hingga hari ini dibesarkan oleh tante saya yg juga merupakan kakak dari ibu kandung saya. kami (saya dan beliau) hanya tinggal berdua, tante saya tidak mempunyai anak kandung, dan kedua mantan suami beliau sudah meninggal. Saya dan tante saya beserta adik2nya beragama katolik, kecuali ibu kandung saya beragama islam. Perlu diketahui bahwa tante saya adalah anak tertua dari 6 bersaudara. Beberapa waktu yang lalu tante saya membuat surat wasiat di notaris "x", sebelumnya tante saya sempat berkonsultasi kepada beberapa notaris namun kemudian membatalkan niatnya karena terbentur masalah biaya yg cukup besar. Akhirnya pada notaris "x" tante saya sepakat untuk mengurus surat wasiat, hal ini disebabkan oleh biaya yg jauh lebih murah dan cepat (1/2 hari s…