Pos

Menampilkan postingan dari September 1, 2008
loading...
loading...

Apakah Accounting Termasuk Sebagai Pekerjaan Yang Bersifat Tetap ?

Gambar
Saya seorang pegawai kontrak PKWT salah satu perusahaan swata. Dalam kontrak PKWT tercantum jabatan saya sebagai senior staff accounting, yang secara fungsi dan tugasnya tidak dapat diselesaikan dalam satu kali masa kontrak. Karena selama perusahaan itu belum ditutup secara hukum, pekerjaan saya tidak akan pernah selesai.

Pertanyaan, pada UU No. 13 Ketenagakerjaan pasal 59 diatur tentang deskripsi pekerjaan kontrak kerja waktu tertentu. Apakah kontrak saya masih sah di mata hukum dan pengadilan? Dan apa yang menjadi dasar saya untuk proses di pengadilan jika terjadi perselisihan ketenagakerjaan ?
Hormat saya,
Tto
JAWAB :Pasal 59 UU Ketenagakerjaan, ayat (1)-nya, secara tegas menyatakan bahwa Perjanjian Kerja untuk Waktu Tertentu hanya dapat dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu, yaitu :

a) pekerjaan yang sekali selesai atau yang sementara sifatnya;
b) pekerjaan yang diperkirakan penyelesaiannya dalam waktu y…

Pembagian Hak Waris

Gambar
Yth Bapak Wahyu,

Mohon pencerahan atas masalah berikut,

Ibu saya mendapat warisan sebuah rumah dan tanah dari nenek saya. Sertifikat rumah dan tanah tersebut atas nama ibu saya dan nama saya sebagai ahli warisnya. Sertifikat tersebut dibuat pada tahun 1987, saat saya berumur 6 tahun (anak tunggal) dan waktu itu ibu saya sedang dalam proses bercerai dengan ayah saya. 5 tahun kemudian ibu saya menikah lagi dengan seorang perjaka dan kemudian mempunyai 2 orang anak dengan ayah tiri saya tersebut. 6 bulan lalu ibu saya meninggal dunia dan sekarang ayah tiri saya sudah menikah lagi.
Pertanyaan saya, apakah bisa kedua adik tiri saya tersebut (berumur 15 dan 9 tahun) di kemudian hari menuntut pembagian hak atas rumah dan tanah dari ibu saya tersebut? Sampai dengan sekarang, sertifikat tersebut tidak mengalami perubahan, hanya ada nama saya sebagai ahli warisnya.
Ayah tiri saya menuntut agar peninggalan ibu saya juga dibagi kepada kedua adik tiri saya, sahkan hal tersebut secara hukum? Jika iya,…