Postingan

Menampilkan postingan dari Juli 6, 2008
loading...
loading...

Klaim Asuransi

Gambar
Kepada Bpk. Wahyu,
Sy melihat web site bpk dan sy tertarik utk berkonsultasi. Kebetulan skrg sy sdg menghadapi kendala mengenai asuransi. Mudah2an bpk bisa memberi saran.
Abang sy memiliki asuransi jiwa di sebuah Perusahaan Asuransi (PA) yang terkemuka sejak 6 thn lalu & sy adlh ahli waris yg tercantum di polis (sdh sy cross check ke PA tsb). Stlh abang sy meninggal, sy mengajukan klaim ke prsh asuransi. Tetapi berkas claim sy tdk bs dilengkapi, diantaranya polis asli karena tidak ditemukan (hilang) dan sy sdh membuat laporan kehilangan di kepolisian. Berkas lainnya yg tdk lengkap adalah surat keterangan kematian dari kelurahan. Sy tdk bs memprosesnya krn sblmnya nama abang sy tdk tercantum lg di Kartu Keluarga org tua.Tetapi dgn berkas lainnya bisa sy lengkapi, termasuk surat keterangan kematian dari rumah sakit.
Ternyata setelah pengajuan klaim ke PA, sy ditelp bahwasannya ada seorang wanita (yg mengaku istri sah abg sy ??) jg mengajukan klaim dgn menggunakan polis asli yg hilang…

konsultasi sewa menyewa

Gambar
salam,
ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan tentang hukum sewa menyewa.
saya menyewa rumah selama 2 tahun, saat ini sudah memasuki 1 bulan terakhir masa sewa. yang menjadi permasalahan disini adalah terjadi beberapa kerusakan pada rumah yang saya sewa, diantaranya plafon yang runtuh akibat kayu dimakan rayap. kami sebagai pihak penyewa sudah memperbaiki sebisa kami. yang ingin saya tanyakan adalah apakah kerusakan tersbut merupakan tanggung jawab penyewa?
pada perjanjian sewa tertera bahwa kerusakan akibat kelalaian penyewa merupakan tanggung jawab penyewa,dan kerusakan yang diakibatkan force majeure tidak ditanggung pihak penyewa. apakah hal tersebut dapat dikatakan kelalaian penyewa? atau termasuk force majeure? atau termasuk faktor alam?
hal lain yang ingin saya tanyakan adalah apakah KUHPerd tetap berlaku disamping perjanjian sewa?
atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Shady

JAWAB :


Pasal 1583 KUHPerdata menyatakan bahwa "Pembetulan-pembetulan kecil sehari-hari, d…